New Normal atau Kenormalan Baru. Sudah Siap ?


Covid-19 mewabah ke seluruh dunia termasuk Indonesi. Sehingga pemerintah memerintahkan untuk beraktifitas di rumah, seperti bersekolah di rumah, bekerja di rumah, bahkan ibadahpun di rumah. Kurang lebih tiga bulan ini tidak ada yang boleh keluar rumah, semua aktifitas perdagangang tidak beroperasi. Mulai dari pedagang kecil, pedagang pakaian, bahkan mall pun tutup kecuali untuk kebutuhan pokok tetap diperbolehkan berjualan. Hanya ada kebutuhan mendesak kita keluar rumah tapi harus tetap menjaga jarak dengan yang lain.

Baru-baru ini kita dengar akan adanya new normal. Apa sih new normal itu ? New normal berarti dalam bahasa Indonesia menjadi kenormalan baru, atau disebut dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Jadi akan ada pelonggaran aktifitas, dan juga untuk menjaga keseimbangan sosial dan ekonomi. Yang semula bekerja dari rumah kini mulai bekerja di kantor, tempat wisata pun mulai beroperasi. Semua itu dengan syarat tetap melakukan protokol kesehatan seperti memakai masker, dan jaga jarak minimal satu meter serta menguramgi jam operasional. Tapi apakah kita benar-benar siap untuk kenormalan baru ini ? Soalnya jumlah orang yang terjangkit virus ini semakin naik saja setiap harinya. Dan lagi, banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan dan peraturan saat PSBB. Semua bisa berjalan dengan lancar jika masyarakat mengikuti aturan seperti memakai masker dan tidak dalam kerumunan.

Dalam laman indonesia.go.id, Tim Gugus Tugas membuat gerakan 4 sehat 5 sempurna, yaitu memakai masker, menjaga jarak fisik, mencuci tangan,istirahat yang cukup dan tidak panik, serta memakan makanan bergizi. Sampai kapan kita dengan adaptasi kebiasaan baru ini ? Sampai vaksin Covid-19 ditemukan kita harus selalu menjalankan protokol kesehatan selama aktifitas diluar.
Di bawah ini adalah stater pack saat kenormalan baru :
Stater pack new normal.


Nah, dari gambar diatas kita membutuhkan hanssanitizer, masker kain (jangan lupa membawa masker cadangan), peralatan makan atau bawa bekal sendiri, botol minum, tissu basah dan tissu kering, vitamin. Untuk tambahan kamu bisa juga membawa perlengkapan ibadah dan membawa helm sendiri buat kamu yang memakai sepeda motor.

Semoga, nanti kenormalan baru ini bisa kita jalankan dengan baik sampai vaksin ditemukan. 

Komentar

Postingan Populer