4 Hal Penting Harus ada di Diri Kamu Sebelum Menikah.

Sumber foto : undraw.co


Menikah adalah suatu hal yang sakral, yang di ingin setiap orang dengan pujaan hatinya. Menjalani hidup bersama sampai tua bahkan sampai maut memisahkan. Akhir-akhir banyak sekali yang memutuskan untuk menikah di usia muda, untuk menghindari perbuatan zina. Tidak sedikit pula yang menunda untuk menikah dengan berbagai alasan pribadi masing-masing, mengenyam pendidikan yang tinggi misalnya atau mengejar cita-cita yang belum tercapai.

Kategori nikah muda sendiri berkisar antara usia 18 tahun sampai 23 tahun, ada pula yang menyatakan menikah di usia 25 tahun termasuk nikah muda. Menurut Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan, usia perempuan yang ideal untuk menikah adalah minimal 19 tahun. Untuk Laki-laki pun sama yaitu idealnya minimal 19 tahun. Sedangkan menurut BKKBN atau Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, usia ideal menikah untuk perempuan yakni 21 tahun sedangkan bagi laki-laki adalah 25 tahun.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah tidak disarankan untuk menikah di usia dini atau usia remaja. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan anak baik fisik maupun psikis. Karena akan terjadinya keguguran saat masa kehamilan, atau masalah lainnya karena organ reproduksi yang belum matang. Organ reproduksi belum berkembang sempurna sebelum usia 20 tahun. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi seseorang untuk bertekad nikah dini seperti faktor ekonomi dan kurangnya pengetahuan akan kesehatan organ reproduksi. Sebagian orang beranggapan bahwa menikah adalah solusi agar terlepas dari kemiskinan, dan kebanyakan perempuanlah yang harus mengorbankan masa remaja mereka sehingga mereka harus merelakan untuk tidak melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, hanya atas nama cinta pun membuat seseorang terburu-buru untuk menikah, padahal hanya modal cinta pun tidak cukup.

Sebenarnya tidak ada batasan usia minimum atau maksimum untuk menikah, hal ini bukan berarti memperolehkan untuk nikah dini, ini sangat tidak disarankan. Memutuskan untuk nikah muda atau tidak tentu boleh saja, asal ada poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan menikah. Berikut adalah 4 hal penting yang harus ada pada diri kamu sebelum menikah. Mari kita bahas satu persatu.

1. Dewasa Dalam Memecahkan masalah.

Kedewasaan tidak dilihat dari usia seseorang melainkan bagaimana cara dia menyelesaikan masalah yang telah dihadapi . Apalagi dalam berumah tangga pasti akan ada masalah yang akan terus ada. Di saat masalah datang, jangan mudah marah atau lari dari masalah dan tidak menyelesaikannya. Duduklah berdua bersama pasangan sembari meminum teh, cari solusi untuk menyelesaikan masalah yang ada, bicarakan dengan kepala dingin.


2. Mengatur keuangan dengan baik.

Salah satu penyebab perceraian adalah masalah ekonomi. Maka sebelum menikah pastikan memiliki finansial yang cukup untuk persiapan menikah nanti dan untuk masa saat sudah menikah. Karena saat sudah menikah, akan ada banyak kebutuhan yang diperlukan. Pandai-pandailah mengatur keuangan, jika perlu memiliki tabungan untuk masa depan nanti. Saat mengatur finansial, harus transparan kepada pasangan. 


3. Siap mental dalam menghadapi ujian.

Siapkan mental kamu saat memutuskan untuk berumah tangga, karena jika kesiapan mental yang kurang dalam menghadapi masalah akan sangat rentan terjadinya KDRT. Selain itu, pertengkaran dan perselisihan dapat mengakibatkan depresi. Maka dari itu, atur emosi dengan baik agar tidak mudah marah dan melakukan kekerasan. Jika sudah siap secara mental, maka akan siap juga jika ada masalah dan ujian yang datang serta dapat menyelesaikannya dengan berdiskusi dengan pasangan, dan mengesampingkan ego masing-masing.


4. Memiliki komitmen dan tujuan hidup.

Yang terakhir adalah berkomitmen dengan pasangan untuk bersama selamanya, menerima kekurangan pasangan. Rencanakan dengan pasanganmu bagaimana rumah tangga akan dibangun dan seperti apa. Agar memiliki tujuan hidup yang jelas dan terencana, dan tidak asal-asalan dalam mengambil keputusan.


Tidak apa untuk menikah muda. Banyak sekali orang-orang hebat yang menikah di usia muda, seperti wanita yang akrab di panggil Nana, Najwa Shihab yang menikah pada usia 20 tahun. Dalam channel Youtube Merry Riana, wanita kelahiran 1977 ini mengatakan sebelum dilamar, dirinya serta orang tuanya  melakukan ibadah Umroh untuk memantapkan hati. Setelah menikah pun Najwa Shihab tetap melanjutkan pendidikannya sampai selesai di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Untuk menikah tidak ada batasan usia ideal berapa, akan tetapi jika kamu sudah cukup dewasa untuk menghadapi masalah, siap secara mental, mampu mengontrol emosi dengan baik, memiliki finansial yang cukup dan mampu mengaturnya dengan baik, memiliki tujuan hidup yang jelas, berarti kamu siap untuk menikah. Bagaimana pernikahan itu sendiri tergantung individu masing-masing dalam menjalaninya. Serta jangan sampai berhenti dalam mengejar pendidikan. Menikah pun jangan sampai memiliki niat yang salah, seperti karena gengsi pada teman dan keluarga atau ikut-ikutan tren jadi ingin menikah muda. Menikahlah dengan niat yang baik, niatkan karena ibadah.

Komentar

Postingan Populer